Jumat, 18 Oktober 2013

Contoh Komunikasi Terapeutik Fisio Terapi Dada

SALAM : Assalamu’alaikum bapak
PERKENALAN : perkenalkan nama saya Indah Mumpuni , bapak bisa panggil saya suster indah.
MEMANGGIL NAMA YG DISUKAI : Kalo boleh tau nama bapak siapa? Bapak lebih suka dipanggil siapa? Lebih suka dipanggil mas / pak?
TUJUAN INTERAKSI : Saya kesini saya akan merawat mas hari ini dari jam 7-2 siang, jadi kalo mas X butuh bantuan saya, mas .. bisa meminta bantuan keluarga untuk memanggil saya diruang perawat.
dan saat ini saya akan melakukan FISIO TERAPI DADA
MENANYAKAN PERASAAN : Bagaimana perasaan dan kondisi mas.. pagi ini?
MENGEVALUASI MASALAH KLIEN : Mas X sudah berapa hari dirawatnya? Apa sih yang menyebabkan mas X sampai dibawa keruangan ini?
MELAKUKAN KONTRAK : masih sering sesak ya ibu ?Karena itu saya akan melakukan fisio terapi dada.
 waktunya kurang lebih 10 menit dan tempatnya diruangan ini saja.
TUNJUAN TINDAKAN KEPERAWATAN : Tujuan dari fisio terapi dada ini adalah untuk
Membebaskan jalan nafas dari akumulasi sekret (penumpukan dahak), Mengurangi sesak nafas akibat akumulasi sekret
MENJELASKAN PROSEDUR TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN : Caranya adalah pertama saya
1.    Mengatur posisi sesuai daerah gangguan paru
2.    Memasang perlak/alas dan bengkok (di pangkuan pasien bila duduk atau di dekat mulut bila tidur miring)
3.    Melakukan clapping dengan cara tangan perawat menepuk punggung pasien secara bergantian
4.    Menganjurkan pasien inspirasi dalam, tahan sebentar, kedua tangan perawat di punggung pasien
5.    Meminta pasien untuk melakukan ekspirasi, pada saat yang bersamaan tangan perawat melakukan vibrasi
6.    Meminta pasien menarik nafas, menahan nafas, dan membatukkan dengan kuat
7.    Menampung lender dalam sputum pot
8.    Melakukan auskultasi paru : mendengarkan suara paru
MELAKUKAN TINDAKAN SESUAI PROSEDUR : Bagaimana? Mas sudah siap?
Tindakan
MENJELASKAN HASIL TINDAKAN : Jadi dahaknya sudah dikelarkan jadi sudah bisa bernafas lega
EVALUASI SUBJEKTIF : Bagaimana perasaannya mas setelah saya lakukan fisio terapi dada?
EVALUASI OBJEKTIF : Jadi dari hasil pengukuran nadi normal, ...
MELAKUKAN RENCANA TINDAK LANJUT : Mas harus banyak makan-makanan yang mengandung banyak gizi untuk pemulihan kondisi tubuh dan juga banyak minum air putih, jangan lupa obatnya diminum
KONTRAK : Mas saya sudah selesai nanti pukul 12 saya akan kesini lagi untuk memberikan obat oral atau obat yang langsung diminum waktunya kurng lebih 5 menit dan tempatnya diruangan ini saja
Ada yang mau mas sampaikan? Kalau tidak ada
Selamat beristirahat ya mas, semoga cepat sembuh

Assalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar