Jumat, 18 Oktober 2013

Contoh Komunikasi Terapeutik

SALAM : Assalamu’alaikum bapak
PERKENALAN : perkenalkan nama saya Indah Mumpuni , bapak bisa panggil saya suster indah.
MEMANGGIL NAMA YG DISUKAI : Kalo boleh tau nama bapak siapa? Bapak lebih suka dipanggil siapa? Lebih suka dipanggil mas / pak?
TUJUAN INTERAKSI : Saya kesini saya akan merawat mas hari ini dari jam 7-2 siang, jadi kalo mas X butuh bantuan saya, mas .. bisa meminta bantuan keluarga untuk memanggil saya diruang perawat
dan saat ini saya akan melakukan (APA)
MENANYAKAN PERASAAN : Bagaimana perasaan dan kondisi mas.. pagi ini?
MENGEVALUASI MASALAH KLIEN : Mas X sudah berapa hari dirawatnya? Apa sih yang menyebabkan mas X sampai dibawa keruangan ini?
MELAKUKAN KONTRAK : Karena itu saya akan melakukan ...
 waktunya kurang lebih 10 menit dan tempatnya diruangan ini saja.
TUNJUAN TINDAKAN KEPERAWATAN : Tujuan dari
tindakan ini  ini adalah untuk...
MENJELASKAN PROSEDUR TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN : Caranya adalah pertama saya ...
MELAKUKAN TINDAKAN SESUAI PROSEDUR : Bagaimana? Mas sudah siap?
Tindakan
MENJELASKAN HASIL TINDAKAN : Jadi dari hasil pengukuran ...
EVALUASI SUBJEKTIF : Bagaimana perasaannya mas setelah saya lakukan pemeriksaan?
EVALUASI OBJEKTIF : Jadi dari hasil pengukuran nadi normal, ...
MELAKUKAN RENCANA TINDAK LANJUT : Mas harus banyak makan-makanan yang mengandung banyak gizi untuk pemulihan kondisi tubuh dan juga banyak minum air putih, jangan lupa obatnya diminum
KONTRAK : Mas saya sudah selesai nanti pukul 12 saya akan kesini lagi untuk memberikan obat oral atau obat yang langsung diminum waktunya kurng lebih 5 menit dan tempatnya diruangan ini saja
Ada yang mau mas sampaikan? Kalau tidak ada
Selamat beristirahat ya mas, semoga cepat sembuh
Assalamualaikum



Tidak ada komentar:

Posting Komentar